Senin, 31 Mei 2010

Risiko yang Timbul dari Pernikahan Sedarah



Share
Vera Farah Bararah - detikHealth

Darwin dan Emma (Sanfranciscosentinel)
Jakarta, Dari seluruh penduduk dunia, kemungkinan sekitar 20-50 persen melakukan pernikahan antar kerabat dengan pasangan hidup berasal dari leluhur yang sama. Benarkah pernikahan sedarah (garis keturunan yang dekat) berisiko mendatangkan keturunan yang cacat?

Pernikahan sedarah yang dimaksud disini adalah antar sepupu, satu marga atau yang garis keluarganya dekat, tapi bukan sedarah kandung atau incest.

Pernikahan sedarah banyak terjadi biasanya si pasangan baru sadar setelah merunut garis keluarganya. Pernikahan sedarah juga terjadi pada Charles Darwin yang menikah dengan sepupu pertamanya Emma.

"Salah satu bahaya yang bisa timbul dari pernikahan sedarah adalah sulit untuk mencegah terjadinya penyakit
yang terkait dengan gen buruk orangtua pada anak-anaknya kelak," ujar Debra Lieberman dari University of Hawaii, seperti dikutip dari LiveScience, Senin (31/5/2010).

Lieberman menuturkan pernikahan dengan saudara kandung atau saudara yang sangat dekat bisa meningkatkan secara drastis kemungkinan mendapatkan dua salinan gen yang merugikan, dibandingkan jika menikah dengan orang yang berasal dari luar keluarga.

Hal ini disebabkan masing-masing orang membawa salinan gen yang buruk dan tidak ada gen normal yang dapat menggantikannya, sehingga pasti ada beberapa masalah yang nantinya bisa menyebabkan anak memiliki waktu hidup pendek.

Profesor Alan Bittles, direktur dari pusat genetik manusia di Perth, Australia telah mengumpulkan data mengenai kematian anak yang dilahirkan dari pernikahan antara sepupu dari seluruh dunia.

Diketahui bahwa adanya peningkatan risiko tambahan kematian sekitar 1,2 persen dibandingkan pernikahan bukan saudara dekat. Sementara itu untuk cacat lahir terdapat peningkatan risiko sekitar 2 persen pada populasi umum dan 4 persen pada pernikahan yang orangtuanya memiliki kekerabatan dekat.

Kondisi genetik yang lebih umum terjadi pada pernikahan kerabat adalah gangguan resesif langka yang bisa menyebabkan berbagai macam masalah, seperti kebutaan, ketulian, penyakit kulit dan kondisi neurodegeneratif.

"Hampir semua orang membawa mutasi genetik, tapi ketika suatu populasi memiliki ruang lingkup yang kecil maka mutasi gen akan menjadi lebih sering terjadi," ungkap Prof Bittles, seperti dikutip dari BBC.

Jika dua orang yang membawa gen resesif mereproduksi, maka anak-anaknya memiliki satu dari empat kesempatan untuk memiliki kelainan tersebut dan satu dari dua anak memiliki kesempatan menjadi pembawa sifat (carrier).

Hal inilah yang membahayakan pernikahan sedarah atau memiliki hubungan kekeluargaan yang dekat, karena risiko penyakit atau kondisi genetik tertentu menjadi lebih besar.

Prof Bittles menjelaskan sangat penting bagi orang yang akan menikah untuk melakukan pemeriksaan genetik terlebih dahulu agar bisa mencegah dampak yang mungkin terjadi pada anak-anaknya. Cara ini merupakan penyaringan selektif yang jauh lebih efektif.






(ver/ir)
"Read More. . ."

Test Psikologis



Share
pagi semuanyaaaaaaaaaaa.... :) mulai hari senin lagi nih... tapi kayanya kok liburan kemarin ga puas ya.... hehehe

pagi-pagi gini mo ngepost tapi bingung mo ngepost apa... eh akhirnya kepikiran juga nih mau ngepost tes psikologis...

kalo yang udah tau, maaf ya... tapi kalo yang belum silahkan dibaca bener-bener dan tentukan pilihan yang bener-bener sesuai hati kamu....

testnya kaya gini nih....

ada sebatang POHON tua, bila HUJAN turun beberapa kuncup daun tumbuh. Bila MUSIM GUGUR datang ANGIN menerbangkan semua DAUNNYA...

JIka diberi pilihan, maka kamu mau jawab apa???
(jangan asal jawab, pilih salah satu jawaban dibawah ini)

a. POHON
b. HUJAN
c. MUSIM GUGUR
d. ANGIN
e. DAUN

silahkan pikirin banget2 deh jawabannya... setelah kamu pilih jawaban kamu... silahkan klik disini untuk cari tahu arti dari jawaban kamu tersebut...

selamat mencoba ya

"Read More. . ."

Kamis, 27 Mei 2010

Puisi BJ. Habibie untuk Almarhum istrinya



Share
baca puisi ini merinding plus terharu banget.... cintanya tulus dan ikhlas banget... pasangan suami istri yang patut menjadi contoh untuk pasangan lainnya....

baca ya....

Puisi BJ Habibie utk almarhum istrinya

Sebenarnya ini bukan tentang kematianmu, bukan itu.
Karena, aku tahu bahwa semua yang ada pasti menjadi tiada pada akhirnya,
dan kematian adalah sesuatu yang pasti,
dan kali ini adalah giliranmu untuk pergi, aku sangat tahu itu.


Tapi yang membuatku tersentak sedemikian hebat,
adalah kenyataan bahwa kematian benar-benar dapat memutuskan kebahagiaan dalam diri seseorang, sekejap saja, lalu rasanya mampu membuatku menjadi nelangsa setengah mati, hatiku seperti tak di tempatnya, dan tubuhku serasa kosong melompong, hilang isi.

Kau tahu sayang, rasanya seperti angin yang tiba-tiba hilang berganti kemarau gersang.

Pada airmata yang jatuh kali ini, aku selipkan salam perpisahan panjang,
pada kesetiaan yang telah kau ukir, pada kenangan pahit manis selama kau ada,
aku bukan hendak megeluh, tapi rasanya terlalu sebentar kau disini.
Mereka mengira aku lah kekasih yang baik bagimu sayang,
tanpa mereka sadari, bahwa kaulah yang menjadikan aku kekasih yang baik.

mana mungkin aku setia padahal memang kecenderunganku adalah mendua, tapi kau ajarkan aku kesetiaan, sehingga aku setia, kau ajarkan aku arti cinta, sehingga aku mampu mencintaimu seperti ini.

Selamat jalan,
Kau dari-Nya, dan kembali pada-Nya,
kau dulu tiada untukku, dan sekarang kembali tiada.
selamat jalan sayang,
cahaya mataku, penyejuk jiwaku,
selamat jalan,
calon bidadari surgaku ….

BJ.HABIBIE
"Read More. . ."

Rabu, 26 Mei 2010

Bangun Tidur Cara Cantik



Share
Bangun Tidur Cara Cantik

Konon, saat bangun tidur, kita menunjukkan wajah terjelek kita. Rambut kucel, mata bengkak, pipi penuh bekas tertindih bantal, dan raut wajah terlihat lebih bundar. Anda tak harus bangun dengan kondisi seperti ini. Persiapannya bisa dimulai nanti malam agar Anda bisa bangun secara cantik besok pagi!

mau tau ga rahasianya....?


1.Cuci muka sebelum tidur
Malam adalah waktu terbaik untuk perawatan kulit. Di malam hari, ada lebih banyak darah mengalir pada permukaan kulit dan penyerapannya menjadi lebih maksimal dengan minimnya aktivitas. Ditambah lagi, jika Anda tidur tanpa mencuci muka, semua racun dan kotoran akan terus menempel di kulit sepanjang malam.

2. Tidur terlentang
Dengan tidur tengkurap, kita membebani permukaan wajah dengan berat tubuh kita. Para dokter kulit sering mengatakan mereka bisa mengetahui bagaimana seseorang tidur hanya dengan melihat kerutan di bagian tertentu wajah.

3. Pakai bantal
Tidur dengan dua bantal di bawah kepala. Biarkan pengaruh gravitasi membantu aliran darah ke bagian bawah tubuh dan menghindari cairan menggumpal di bagian tertentu. Wajah lebih segar saat bangun.

4. Hindari kabohidrat
Saat kita makan banyak kabohidrat, raut wajah menjadi kurang tegas. Agar saat bangun Anda punya tulang wajah yang indah, banyaklah makan yang berprotein tinggi, rendah gula dan rendah kabohidrat. Hindari nasi, kentang dan sagu

5. Bantal sutra
Agar rambut Anda tidak mengembang dan kasar di pagi hari, tidurlah dengan sarung bantal satin. Jika tidak punya, Anda bisa membungkus rambut Anda dengan selendang satin. Jenis bahan ini lebih lembut dari katun, sehingga mengurangi gesekan pada rambut.

6. Tidur bak balerina
Agar bangun dengan rambut bergelombang alami, kepang rambut Anda sebelum tidur, dan lihat hasilnya di pagi hari. Selamat tinggal rambut kucel!



"Read More. . ."

Selasa, 25 Mei 2010

Jejaring sosial baru



Share
sekarang situs jejaring sosial banyak banget ya... dulu waktu heboh sama friendster alias FS booming banget pada saat itu ya.... trus ada lagi facebook nyusul twitter, trus adalagi plurk....

masih belum faseh sama facebook n twitter, apalagi plurk belum pernah tau tuh kaya apa tampilannya.... ini adalagi jejaring sosial baru namanya KOPROL...


:ha?:Koprol????? kenapa ga salto atau loncat indah gitu ya namanya..... sengihnampakgigi

udah pada denger ya jejaring "koprol" ini... kalo aku si jujur belum tau, malah baru denger ini.... dan kalo baca ulasannya sekilas, jejaring ini cocok untuk kamu-kamu yang berprofesi sebagai wartawan...


tapi untuk jelasnya lagi baca sendiri ya....

Beruntunglah kita hidup di era blogging dan media sosial seperti sekarang ini. Kita bisa dengan mudah menemukan dan memilah-milah informasi yang kita perlukan. Hebatnya lagi, semuanya bersumber dari pengguna itu sendiri. User generated content, begitulah istilahnya.

Contohnya Koprol, sebuah layanan micro-blogging berbasis lokasi karya putra-putra Indonesia. Prinsipnya, melalui layanan ini, pengguna laptop atau telepon seluler bisa melakukan check-in (berbagi lokasi secara real-time), kemudian berbagi status dan memulai percakapan dengan pengguna lainnya.

Jika time-line di Twitter berdasarkan siapa yang kita follow, time-line kita di Koprol justru berisi status para pengguna lain di sekitar lokasi kita check-in. Di sinilah “pintu masuk” kita dalam menemukan teman-teman baru di samping bertemu teman-teman yang sudah dikenal sebelumnya, baik secara online maupun offline. Dari sinilah komunitas-komunitas virtual baru terbentuk.

Bagi profesi-profesi tertentu seperti wartawan, peneliti dan pengamat, layanan seperti Koprol tentu merupakan sarana yang menarik dalam memantau dan melacak fenomena-fenomena tertentu di dalam masyarakat. Saya mencoba mengelompokkan kegunaan Koprol bagi para jurnalis dalam menjalankan tugasnya. Inilah di antaranya:

  1. Memantau komunitas: Dengan memantau sejumlah komunitas melalui layanan ini, seorang wartawan bisa dengan mudah mengetahui bentuk-bentuk komunitas yang sedang berkembang. Karena berbasis lokasi, secara umum tentu komunitasnya akan terbentuk berdasarkan domisili, tetapi tentu tidak tertutup preferensinya berangkat dari bidang-bidang tertentu. Benar, komunitas itu terbentuk berdasarkan kesamaan minat dan konteks.
  2. Sumber inspirasi: Apa yang menjadi percakapan di dalam komunitas maya semacam ini tentu akan menjadi indikator yang menarik bagi para jurnalis untuk mencari ide liputan atau tulisan. Terkadang apa yang diomongkan dalam komunitas seperti ini bisa saja berbeda dengan apa yang sedang terjadi dalam skala yang lebih besar — dalam skala nasional misalnya. Jika secara nasional sedang ramai diperbincangkan ketua umum sebuah partai yang baru terpilih, boleh jadi di komunitas virtual yang diomongkan justru pembukaan gerai burger yang baru di sebuah pemukiman atau mal.
  3. Sarana konfirmasi: Tidak terlalu sulit jika Anda ingin mendapatkan konfirmasi dan update dari komunitas ini. Jika terbetik berita ada peristiwa kebakaran atau meteor yang jatuh, Anda cukup mengecek siapa saja yang sudah check-in di sekitar lokasi kejadian. Ajukan pertanyaan dengan menyebutkan nama user yang dituju, besar kemungkinan Anda akan mendapatkan respon yang diperlukan. Anda juga bisa melacak siapa saja yang sudah memasang foto-foto kejadian di timeline-nya.
  4. Berinteraksi secara langsung: Di sinilah keunggulan layanan sosial seperti Koprol. Anda bisa dengan mudah berinteraksi langsung dengan tokoh atau subyek yang sedang Anda amati. Jika Anda sedang menulis soal fenomena kedai-kedai kopi di Jakarta, bukankah akan sangat mudah jika Anda memulainya dengan melacak cafe-cafe yang sudah memiliki akun di sini? Atau melemparkan pertanyaan ke teman atau follower Anda. Bukan sebuah keajaiban kalau Anda akan segera mengantongi jawaban-jawaban yang diperlukan.
  5. Sumber referensi: Anda juga bisa mengikuti komunitas yang hobi berbagi tautan-tautan informasi penting. Anda bisa memilah komunitas-komunitas tersebut berdasarkan kategori-kategori atau bidang-bidang tertentu. Hebatnya, informasi-informasi ini telah lebih dahulu mereka baca dan seleksi sehingga kita dengan mudah bisa langsung mengonsumsinya. Sebuah “direktori hidup”, bukan?
ada yang minat buat akunnya.... karya anak bangsa loh.... mudah-mudahan bisa booming kaya facebook n twitter ya....
"Read More. . ."

Senin, 24 Mei 2010

Keajaiban Bunga Mawar Bagi Tubuh



Share
Mawar kaya vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan kolagen.

VIVAnews - Mawar bukan sekadar ratu bunga atau simbol abadi cinta. Di balik romantismenya, mawar telah berabad-abad dimanfaatkan sebagai bahan baku obat, aroma terapi, dan produk kosmetika.

Seperti dikutip dari laman Dailymail, masyarakat Yunani Kuno dan Romawi menggunakan minyak mawar sebagai pereda rasa cemas, obat depresi dan iritasi kulit. Sedangkan Ayurveda, pengobatan kuno di India menggunakannya untuk mengatasi masalah pencernaan dan menjaga metabolisme tubuh.

Mawar yang kaya vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan kolagen. Kandungan polifenolnya juga berkhasiat sebagai bahan produk kosmetika, seperti pencegah kerut, pelembab kulit, serum, dan minyak tubuh. Cocok untuk semua jenis kulit dan dapat mengobati berbagai masalah kulit.


"Minyak mawar meningkatkan elastisitas, ideal untuk menangkis keriput," kata pakar tanaman herbal Jessica Houdret. "Mereka yang berkulit sensitif atau rawan jerawat bisa mendapatkan keuntungan dari sifat antiseptik dan antiinflamasi. Baik untuk kulit kering."

Menurut Geraldine Howard, pendiri Aromaterapi Associates, ekstrak mawar kian populer di tengah serbuan produk kecantikan modern. "Minyak rose sangat berkhasiat untuk kesehatan, memiliki banyak gizi, dan bisa membuat kulit tampak lebih bercahaya. Ditambah lagi aromanya bisa membuat suasana hati gembira,” katanya.

Air dan minyak mawar baik untuk kesehatan kulit. Air mawar yang diambil melalui proses destilasi uap kelopak bunga, bermanfaat untuk produksi krim pelembab dan shower gel. Sedangkan ekstrak minyaknya bermanfaat untuk pembuatan serum, dan parfum.

Geraldine telah memasukkan minyak esensial mawar ke Aromaterapi Associates Antiage dan memperbarui koleksi perawatan kulit, yang digunakan dalam spa di seluruh dunia. "Dalam 100 tahun, kualitas perawatan kulit akan terus menggabungkan mawar dalam segala macam produk." (pet)

• VIVAnews
"Read More. . ."

Belum bisa tidur nyenyak



Share
wwwwaaaaahhhhhhhhhhh..... maaf ya temans, belum sempet blogwalking atau berkunjung ke blog para sahabat-sahabatku.....
:sorry:
maaf bangettttttttttttt.... lagi sibuk banget nih, mau semester akhir ini aku pikir bakalan agak santai.... tapi ternyata oh ternyata makin sibukkkkkk... sampai mau hang out sama temen-temen ku aja aku ga bisa....
::(

belum lagi kerjaan kantor... doooohhhhhh.... OMG..... kepengennya sih teriak.... GA SANGGGGGGGGGGGUUUUUUUUUUUUUUUUUUPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPP.....

:waaah:

tapi mau gimana lagi ya... tanggung jawab jadi aku mencoba sabar untuk mengejarkan semua, kerjaan beres di kantor... dan tugas kuliah pun beres....
:sigh: semoga kuliah aku selesai tepat waktu dan ga ada halangan, dan Insya Allah semester ganjil depan udah mulai nyusun skripsi....

nah.... yang lagi ribet-ribetnya itu sekarang bikin Laporan PPL.... tau ga PPL apaan sengihnampakgigi


PPL itu semacam PKL atau KKP gitu deh... dulu waktu jamannya kuliah D3 sih aku perna KKP di kantor pegadaian ihikhik. tapi kalo di kampus sekarang berhubung jurusan yang aku ambil adalah pendidikan ekonomi, mau ga mau deh harus praktek ngajar....

Dan ternyata seru juga ya ngajar, meski cuma sebentar tapi jadi ketagihan.... ihikhik... Alhamdulillah PPL udah aku jalanin dengan baik, dan masih belum tenang juga karena belum ketawan nilainya berapa... dapet nilai berapa ya.... rindu

dan sekarang lagi sibuk banget siapin laporan hasil PPLnya... kemaren pinjem punya temen yang PPL ternyata .....

Yaaaaaaaaaa Amppppppuuuuuuuuunnnnnnnnnnnnnn......
:hilo:


setebel bantal..... ooooooohhhhhhhhhhhhh nnnnnnnnnnoooooooooooo...... makin males ngerjainnya... tapi harus dan harus diselesaikan dalam minggu-minggu ini juga...... karena tanggal 29 Mei nanti perpisahan di sekolahan tempat aku PPL....

tapi biar gimanapun harus tetep semangat!!!!!!!!!!... eh ko semangatnya huruf kecil...jadi keliatan masih lemes....

SEMANGATTTTTT!!!!!!!!! nah gitu dong semangatnya jadi berasa kalo hurup gede-gede sengihnampakgigi

jadi mohon maaaaaaaaaaaffffffffffff banget kalo blm bisa bales komen dan berkunjung balik....


:sorry:

udahan dulu ah, mau lanjutin kerja... lagi numpuk nih kerjaan, dan nanti malem mau ngerjain laporan dan pastinya sehabis pulang kuliah....
:please:

see u in next post guys........
"Read More. . ."

Kamis, 20 Mei 2010

Putri-putri Rasulullah SAW



Share
Artikel ini aku dapet dari blog tetangga pas tadi blog walking.....

mudah-mudahan bermanfaat ya....

Puteri-Puteri Rasulullah SAW

1. ZAINAB BINTI RASULULLAH SAW.
Zainab adalah putri tertua Rasulullah SAW.. Rasulullah SAW. telah menikahkannya dengan sepupu beliau, yaitu Abul 'Ash bin Rabi' sebelum beliau diangkat menjadi Nabi, atau ketika Islam belum tersebar di tengah-tengah mereka. lbu Abul 'Ash adalah Halah binti Khuwaylid, bibi Zainab dari pihak ibu. Dari pernikahannya dengan Abul 'Ash mereka mempunyai dua orang anak: Ali dan Umamah. Ali meninggal ketika masih kanak-kanak dan Umamah tumbuh dewasa dan kemudian menikah dengan Ali bin Abi Thalib ra. setelah wafatnya Fatimah ra.

Setelah berumah tangga, Zainab tinggal bersama Abul 'Ash bin Rabi' suaminya. Hingga pada suatu ketika, pada saat suaminya pergi bekerja, Zainab mengunjungi ibunya. Dan ia dapatkan keluarganya telah mendapatkan suatu karunia dengan diangkatnya, ayahnya, Muhammad SAW. menjadi Nabi akhir jaman. Zainab mendengarkan keterangan tentang Islam dari ibunya, Khadijah ra.. Keterangan ini membuat hatinya lembut dan menerima hidayah Islam. Dan keislamannya ini ia pegang dengan teguh, walaupun ia belum menerangkan keislamannya kepada suaminya, Abul 'Ash.


Sedangkan Abul 'Ash bin Rabi' adalah termasuk orang-orang musyrik yang menyembah berhala. Pekerjaan sehari-harinya adalah sebagai peniaga. Ia sering meninggalkan Zainab untuk keperluan dagangnya. la sudah mendengar tentang pengakuan Muhammad sebagai Nabi SAW.. Namun, ia tidak mengetahui bahwa istrinya, Zainab sudah memeluk Islam. Pada tahun ke-6 setelah hijrah Nabi SAW. ke Madinah.

Abul 'Ash bin Rabi' pergi ke Syria beserta kafilah-kafilah Quraisy untuk berdagang. Ketika Rasulullah SAW. mendengar bahwa ada kafilah Quraisy yang sedang kembali dari Syria, beliau mengirim Zaid bin Haritsah ra. bersama 313 pasukan muslimin untuk menyerang kafilah Quraisy ini. Mereka menghadang kafilah ini di dekat Al-is di Badar pada bulan jumadil Awal. Mereka menangkap kafilah itu dan barang-barang yang dibawanya serta menahan beberapa orang dari kafilah itu, termasuk Abul 'Ash bin Rabi'. Ketika penduduk Mekkah datang unluk menebus para tawanan, maka saudara laki-laki Abul 'Ash, yaitu Amar bin Rabi', telah datang untuk menebus dirinya. Ketika itu, Zainab istri Abul 'Ash masih tinggal di Mekkah. la pun telah mendengar berita serangan kaum muslimin atas kafilah-kafilah Quraisy termasuk berita tertawannya Abul 'Ash.

Berita ini sangat meiiyedihkannya. Lalu ia mengirimkan kalungnya yang terbuat dari batu onyx Zafar hadiah dari ibunya, Khadijah binti Khuwaylid ra.. Zafar adalah sebuah gunung di Yaman. Khadijah binti Khuwaylid telah memberikan kalung itu kepada Zainab ketika ia akan menikah dengan Abul 'Ash bin Rabi'. Dan kali ini, Zainab mengirimkan kalung itu sebagai tebusan atas suaminya, Abul 'Ash. Kalung itu sampai di tangan Rasulullah SAW. Ketika beliau SAW. melihat kalung itu, beliau segera mengenalinya. Dan kalung itu mengingatkan beliau kepada istrinya yang sangat ia sayangi, Khadijah. Beliau berkata, 'Seorang Mukmin adatah penolong bagi orang Mukmin lainnya. Setidaknya mereka memberikan perlindungan. Kita lindungi orang yang dilindungi oleh Zainab. jika kalian bisa mencari jalan untuk niembebaskan Abul 'Ash kepada Zainab dan mengembalikan kalungnya itu kepadanya, maka lakukaniah.' Mereka menjawab, 'Baik, ya Rasulullah SAW' Maka mereka segera membebaskan Abul 'Ash dan mengembalikan kalung itu kepada Zainab.

Kemudian Rasulullah SAW. menyuruh Abul 'Ash agar berjanji untuk membiarkan Zainab bergabung bersama Rasulullah SAW. Dia pun berjanji dan memenuhi janjinya itu. Ketika Rasulullah SAW. pulang ke rumahnya, Zainab datang menemuinya dan meminta untuk mengembalikan kepada Abul 'Ash apa yang pernah diambil darinya. Beliau mengabulkannya. Pada kesempatan itu, Beliau pun telah melarang Zainab agar tidak mendatangi Abul 'Ash, karena dia tidak halal bagi Zainab selama dia masih kafir. lalu Abul 'Ash kembali ke Mekkah dan menyelesaikan semua kewajibannya. Kemudian dia masuk Islam dan kembali kepada Rasulutiah SAW sebagai seorang Muslim. Dia berhijrah pada bulan Muharram, 7 Hijriyah. Maka Rasulullah SAW. pun mengembalikan Zainab kepadanya, berdasarkan pernikahannya yang pertama.

Zainab wafat pada tahun 8 Hijriyah. Orang-orang yang memandikan jenazahnya ketika itu, antara lain ialah; Ummu Aiman, Saudah binti Zam'ah, Ummu Athiyah dan Ummu Salamah ra.. Rasulullah SAW. berpesan kepada mereka yang akan memandikan jenazahnya ketika itu, 'Basuhiah dia dalarn jumlah Vang ganjil, 3 atau 5 kali atau iebih jika kalian merasa lebih baik begitu. Mulailah dari sisi kanan dan anggota-anggota wudhu. Mandikan dia dengan air dan bunga. Bubuhi sedikit kapur barus pada air siraman yang terakhir. Jika kalian sudah selesai beritahukaniah kepadaku.' Ketika itu, rambut jenazah dikepang meniadi tiga kepangan, di samping dan di depan lalu dikebelakangkan. Setelah selesai dari memandikan jenazah, Ummu Athiyah memberitahukan kepada Nabi SAW. Lalu Nabi SAW memberikan selimutnya dan berkata, 'Kafanilah dia dengan kain ini.'



2. RUQAYYAH BINTI RASULULLAH SAW.
Ruqayyah telah menikah dengan Utbah bin Abu lahab sebelum masa kenabian. Sebenarnya hat itu sangat tidak disukai oleh Khadijah ra.. Karena ia telah mengenal perilaku ibu Utbah, yaitu Umrnu jamil binti Harb, yang terkenal berperangai buruk dan jahat. ta khawatir putrinya akan memperoleh sifat-sifat buruk dari ibu mertuanya tersebut. Dan ketika Rasulullah SAW. telah diangkat menjadi Nabi, maka Abu Lahablah, orang yang paling memusuhi Rasulullah SAW. dan Islam. Abu Lahab telah banyak menghasut orang-orang Mekkah agar memusuhi Nabi SAW. dan para sahabat ra.. Begitu pufa istrinya, Ummu Jamil yang senantiasa berusaha mencelakakan Rasulullah SAW. dan memfitnahnya. Atas perilaku Abu lahab dan permusuhannya yang keras terhadap Rasulullah SAW., maka Allah telah menurunkan wahyu-Nya, 'Maka celakalah kedu,7 tangan Abu lahab, (Al lahab: 1) Setelah ayat ini turun, maka Abu lahab berkata kepada kedua orang putranya, Utbah dan Utaibah, 'Kepalaku tidak haial bagi kepalamu selama kamu tidak menceraikan Putri Muhammad.' Atas perintah bapaknya itu, maka Utbah mericeraikan istrinya tanpa alasan. Setelah bercerai dengan Utbah, kemudian Ruqayyah dinikahkan oleh Rasulullah SAW. dengan Utsman bin Affan ra.

Hati Ruqayyah pun berseri-seri dengan pernikahannya ini. Karena Utsman adalah seorang Muslim yang beriman teguh, berbudi luhur, tampan, kaya raya, dan dari golongan bangsawan Quraisy. Setelah pernikahan itu, penderitaan kaum muslimin bertambah berat, dengan tekanan dan penindasan dari kafirin Quraisy. Ketika semakin hari penderitaan kaum muslimin, termasuk keluarga Rasulutlah SAW. bertambah berat, maka dengan berat hati Nabi SAW. mengijinkan Utsman beserta keluarganya dan beberapa muslim lainnya untuk berhijrah ke negeri Habasyah. Ketika itu Rasulullah SAW. bersabda, 'Pergilah ke negeri Habasyah, karena di sana ada seorang raja yang terkenal baik budinya, tidak suka menganiaya siapapun, Di sana adalah bumi yang melindungi kebenaran. Pergilah kalian ke sana. Sehingga Allah akan membebaskan kalian dari penderitaan ini.'

Maka berangkatlah satu kafilah untuk berhijrah dengan diketuai oleh Utsman bin Affan ra. Rasulullah SAW. bersabda tentang mereka, Mereka adalah orang yang pertama kali hijrah karena Allah setelah Nabi Luth as.' Setibanya di Habasyah mereka memperoleh perlakuan yang sangat baik dari Raja Habasyah. Mereka hidup tenang dan tenteram, hingga datanglah berita bahwa keadaan kaum muslimin di Mekkah telah aman. Mendengar berita tersebut, disertai kerinduan kepada kampung halaman, maka Utsman memutuskan bahwa kafilah muslimin yang dipimpimnya itu akan kembali lagi ke kampung halamannya di Mekkah. Mereka pun kembali. Namun apa yang dijumpai adalah berbeda dengan apa yang mereka dengar ketika di Habasyah. Pada masa itu, mereka mendapati keadaan kaum muslimin yang mendapatkan penderitaan lebih parah lagi. Pembantaian dan penyiksaan atas kaum muslimin semakin meningkat. Sehingga rombongan ini tidak berani memasuki Mekkah pada siang hari. Ketika malam telah menyelimuti kota Mekkah, barulah mereka mengunjungi rumah masingmasing yang dirasa aman. Ruqayyah pun masuk ke rumahnya, melepas rindu terhadap orang tua dan saudara-saudaranya.

Namun ketika matanya beredar ke sekeliling rumah, ia tidak menjumpai satu sosok manusia yang sangat ia rindukan. la bertanya, 'Mana ibu?..... mana ibu?....' Saudara-saudaranya terdiam tidak menjawab. Maka Ruqayyah pun sadar, orang yang sangat berarti dalam hidupnya itu telah tiada. Ruqayyah menangis. Hatinya sangat bergetar, bumi pun rasanya berputar atas kepergiannya. Penderitaan hatinya, ternyata tidak berhenti sampai di situ. Tidak lama berselang, anak lelaki satu-satunya, yaitu Abdullah yang lahir ketika hijrah pertama, telah meninggal dunia pula. Padahal nama Abdullah adalah kunyah bagi Utsman ra., yaitu Abu Abdullah. Abdullah masih berusia dua tahun, ketika seekor ayam jantan mematuk mukanya sehingga mukanya bengkak, maka Allah mencabut nyawanya. Ruqayyah tidak mempunyai anak lagi setelah itu.

Dia hijrah ke Madinah setelah Rasulullah SAWj. hijrah. Ketika Rasulullah SAW. bersiap-siap untuk perang Badar, Ruqayyah jatuh sakit, sehingga Rasulullah SAW. menyuruh Utsman bin Affan agar tetap tinggal di Madinah untuk merawatnya. Namun maut telah menjemput Ruqayyah ketika Rasulullah SAW. masih berada di medan Badar pada bulan Ramadhan. Kemudian berita wafatnya ini dikabarkan oleh Zaid bin Haritsah ke Badar. Dan kemenangan kaum muslimin yang dibawa oleh Rasulullah SAW. beserta pasukannya dari Badar, ketika masuk ke kota Madinah, telah disambut dengan berita penguburan Ruqayyah ra. Pada saat wafatnya Ruqayyah, Rasulullah SAW. berkata, Bergabunglah dengan pendahulu kita, Utsman bin Maz'un.'

Para wanita menangisi kepergian Ruqayyah. Sehingga Umar bin Khattab ra. datang kepada para wanita itu dan memukuli mereka dengan cambuknya agar mereka tidak keterlaluan dalam menangisi jenazah Ruqayyah. Akan tetapi Rasulullah SAW. menahan tangan Umar ra. dan berkata, 'Biarkaniah mereka menangis, ya Umar. Tetapi hati-hatilah dengan bisikan syaitan. Yang datang dari hati dan mata adalah dari Allah dan merupakan rahmat. Yang datang dari tangan dan lidah adalah dari syaitan.'



3. UMMU KULTSUM BINTI RASULULLAH SAW.
Ummu Kultsum adalah adik Ruqayyah ra., putri Rasulullah SAW. Ia telah menikah dengan Utaibah bin Abu Lahab, saudara Utbah yang telah menikahi Ruqayyah, sebelurn mereka mengenal Islam. Lalu ketika Rasulullah SAW. telah diangkat menjadi Nabi, ia dan saudara-saudaranya memeluk Islam dengan lapang dada. Dan dakwah Nabi SAW. yang selalu ditentang oleh Abu lahab beserta keluarganya ini, menyebabkan Allah telah mewahyukan kepada Nabi SAW. firman-Nya yang berbunyi, Maka celakalah kedua tangan Abu lahab'(Al-lahab: 1) ' Setelah tutun ayat ini, Abu lahab berkata kepads Utaibah anaknya, "Kepalaku tidak halal bagi kepalamu selama kamu tidak menceraikan putri Nabi. Maka dia pun menceraikan istrinya, Ummu Kultsum begitu saja. Utaibah mendatangi Nabi SAW. dan mengatakan kata-kata yang menyakitkan hati Rasulullah SAW. Atas periakuan itu, maka Rasulullah SAW. telah berdoa kepada Allah, agar mengirimkan anjing-anjing-Nya untuk membinasakan Utaibah. Dan apa yang telah didoakan oleh Nabi SAW. terhadap Utaibah itu benar-benar teriadi.

Dalam suatu perjalanan, seekor singa yang ganas teiah memilih Utaibah di antara teman-temannya untuk diterkam kepalanya. Utaibah mati dalam keadaan yang sangat mengerikan. Setelah bercerai, maka Ummu Kultsum kembali tinggal bersama Rasulullah SAW. di Mekkah. Dia ikut hijrah ke Madinah ketika Rasulullah SAW. berhijrah, kemudian tinggal di sana bersama keluarga Rasulullah SAW. Ruqayyah dan Ummu Kultsum adalah dua orang saudara yang perjalanan hidup mereka hampir sama. Mereka berdua teriahir dari bapak yang sama, ibu yang sama, suami mereka pun kakak beradik yang namanya mempunyai arti yang sama; Utbah dan Utaibah, mempunyai mertua yang sama, masuk Islam pada hari yang sama, bercerai pada hari yang sama, dan setelah perceraian itu, mereka mempunyai suami yang sama pula.

Ketika Ruqayyah meninggal dunia, maka Utsman bin Affan ra. menikahi Ummu Kultsum yang masih perawan yang belum terjamah oleb Utaibah. Pada waktu itu adalah bulan Rabi'ul-Awwal, tahun ke-3 Hijriyah. Dan keduanya baru berkumpul pada bulan Jumadits-Tsani. Mereka hidup bersama sampai Ummu Kultsum meninggal dunia tanpa mendapatkan seorang anak pun. Ummu Kultsum meninggal dunia pada bulan Sya'ban tahun ke-9 Hijriyah. Rasulullah SAW. berkata, 'Seandainya aku mempunyai sepuluh orang putri, maka aku akan tetap menikahkan mereka dengan Utsman.' Ummu Kultsum adaiah seorang wanita yang cantik. la senang memakai jubah sutra yang bergaris. Pada hari wafatnya, jenazahnya telah dimandikan oleh Asma' binti Umais dan Shafiah binti Abdul Muthalib. jenazahnya ditempatkan di atas sebuah keranda yang terbuat dari batang polgon palem yang baru dipotong. Dan pada saat penguburannya, Rasulullah SAW. duduk di dekat kuburan Ummu Kultsum dengan berlinangan air mata. Beliau berkata, siapa di antara kalian yang tidak bercampur dengan istrinya tadi malam?' Abu Thalhah ra. berkata, 'Aku, ya Rasulullah SAW' lalu Beliau menyuruhnya, "Turunlah kamu." Maka Abu Thalhah turun dan menguburkan Ummu Kultsum ra.



4. FATIMAH BINTI RASULULLAH SAW.
Pada suatu ketika, Abu Bakar ra. pernah datang kepada Rasulullah SAW. dan meminang Fatimah ra. untuk dijadian sebagai istrinya. Hal itu dijawab oleh Beliau SAW. dengan halus, "Wahai Abu Bakar, tunggulah ketetapan tentang Fatimah.' Jawaban Rasulullah SAW. ini diceritakan oleh Abu Bakar ra. kepada Umar bin Khattab ra.. Umar berkata, itu artinya beliau menolakmu, wahai Abu Bakar. Kemudian Abu Bakar ra. menyarankan kepada Umar ra, 'Sekarang cobalah kamu yang menanyai Rasulullah SAW. untuk meminang Fatimah.' Atas anjuran tersebut, maka Umar ra. pergi menjumpai Rasulullah SAW. dan meminta kepada Beliau SAW. untuk menikahkan Fatimah ra. dengannya. Pada kali itu pun Rasulullah SAW. menjawab, 'Wahai Umar, Tunggulah ketetapan tentangnya.' Setelah dijawab demikian, Umar ra. menemui Abu Bakar dan menceritakan hal ini kepadanya. 'Berarti beliau juga telah menolakmu wahai Umar.' Kata Abu Bakar ra.. Selanjutnya keluarga Ali ra. telah menyarankan kepada Ali ra., 'Mintalah kepada Rasulullah SAW. agar kamu dapat meminang Fatimah.' Maka Ali ra. mendatangi Rasulullah SAW. untuk meminang Fatimah. Pinangan ini diterima oleh beliau dengan baik. Dan pada hari itu juga Rasulullah SAW. telah menikahkannya dengan Fatimah ra. dengan mahar beberapa pakaian bekas dan kulit domba.

Dan ketika itu, perlengkapan pengantin wanitanya antara lain adalah tempat tidur dari dedaunan kurma, bantal kulit berisi jerami, bejana kulit kecil dan kantong air dari kulit. Untuk pernikahan itu, Ali ra. telah menjual seekor unta miliknya dan sebagian barang-barangnya, sehingga terkumpul 480 dirham. Setelah terkumpul Rasulullah SAW. menyuruh Ali, "Belikaniah dua pertiga dari uang itu untuk wangi-wangian dan yang sepertiganya untuk barang-barang.' Setelah menikahi Fatimah, maka Nabi SAW. berkata kepada Ali ra., 'Carilah rumah'. Maka Ali pun mencari sebuah rurnah untuk tempat tinggainya bersama keluarga baru. la menemukan sebuah rumah yang agak jauh dari kediaman Rasulullah SAW. Karena rasa sayang Rasulullah SAW. kepada Fatimah, beliau berkata kepada Fatimah, 'Aku ingin kalian pindah agar berdekatan denganku.' Fatimah menjawab, 'Sebaiknya ayahanda, meminta kepada Haritsa bin Nu'man untuk pindah demi aku.' Rasulullah SAW. menjawab, 'Haritsa dulu pernah pindah demi kita, jadi aku enggan untuk memintanya kembali.' Hal ini telah terdengar oleh Haritsa, sehingga ia datang menemui Rasulullah SAW. dan berkata, 'Ya Rasulullah SAW, aku telah mendengar bahwa engkau ingin agar Fatirnah pindah ke dekat rumahmu. Rumah-rumahku adalah rumah Bani Najjar yang paling dekat ke rumahmu. Aku dan hartaku adalah untuk Allah dan Rasul-Nya. Demi Allah, Ya Rasulullah SAW. aku lebih menyukai uang yang engkau ambil dariku daripada yang tinggal.' Rasulullah SAW. berkata, 'Engkau telah berkata dengan sebenarnya, semoga Allah memberkatimu.' Maka Rasulullah SAW. memindahkan Fatimah ke rumah Haritsa.

Ali dan Fatimah ra. adalah pasangan suami istri yang hidup dengan penuh kesederhanaan. Tempat tidur mereka terbuat dari kulit domba. jika mereka akan tidur, mereka harus membalikkan bulunya terlebih dahulu. Sedangkan bantainya terbuat dari kulit yang diisi jerami. Walaupun demikian, hari-hari mereka telah diisi dengan kebahagiaan. Pada suatu ketika, Fatimah berkata, 'Demi Allah, aku telah menumbuk gandum sampai tanganku lecet.' Maka Ali ra. menganjurkan kepada istrinya, agar menjumpai Rasulullah SAW. untuk meminta tawanan-tawanan perang sebagai pembantu di rumahnya. Fatimah pun segera menemui Rasulullah SAW.. Sesampainya di sana, banyak sahabat sedang berkumpul di sisi Rasulullah SAW.. Rasulullah SAW. bertanya, 'Ada apa, wahai putriku?' Fatimah menjawab, 'Aku datang untuk mengucapkan salam untukmu.' Fatimah terlalu segan untuk mengutarakan maksudnya, sehingga ia kembali pulang tanpa tertunaikan maksud kedatangannya. Sesampainya di rumah Ali bertanya, "Bagaimana haslinya?' Fatimah menjawab, 'Aku terlalu malu untuk meminta kepada beliau.' Kemudian mereka berdua datang menghadap Rasulullah SAW.. Ali ra. berkata, 'Ya Rasulullah SAW., Fatimah telah menimba air sampai dadanya luka.ia telah menumbuk (gandum) sampai tangannya lecet. Dan Allah telah memberimu rampasan perang dan kekayaan, berilah kami seorang pelayan.' Namun Rasulullah SAW. menjawab, 'Demi Allah, aku tidak akan memberimu pelayan, dan membiarkan ahli Shuffah menahan perutnya karena kelaparan. Aku tidak mempunyai sesuatu untuk mereka, jadi aku akan menjual barang rampasan itu dan memberikannya kepada mereka. Maukah kalian kuceritakan sesuatu yang lebih baik daripada yang kalian minta tadi? Mereka menjawab, 'Ya, tentu saja.' Beliau berkata, 'Yaitu beberapa kalimat yang diajarkan Jibril kepadaku. Ketika kalian beristirahat di tempat tidur ucapkanlah Subhanallah 33 kali, Alhamdulillah 33 kali, dan Allahu Akbar 34 kali. Dan nasehat itu telah menjadi amalan rutin keluarga Fatimah ra.

Ali ra. berkata, 'Demi Allah, aku tidak pernah mengabaikan bacaan itu sejak Rasulullah SAW. mengajarkannya kepada kami.' lbnu Kiwa' berkata kepadanya, 'Bahkan pada malam perang Siffin?' Ali menjawab, 'Semoga Allah murka pada kalian, wahai penduduk lrak.

Suatu ketika, Ali ra. pernah berbuat kasar kepada Fatimah ra. Lalu Fatimah ra. mengancam Ali ra., Demi Allah, aku akan mengadukanmu kepada Rasulullah SAW.!' Fatimah pun pergi kepada Nabi SAW. dan Ali ra. mengikutinya. Sesampainya di sana, Fatimah mengeluhkan tentang kekasaran Ali ra.. Nabi SAW. menyabarkannya, 'Wahai putriku, dengarkanlah, pasang telinga dan pahami. Bahwa tidak ada kepandaian sedikit pun bagi wanita yang tidak membalas kasih sayang suaminya ketika dia tenang.' Ali ra. berkata, 'Kalau begitu aku akan menahan diri dari yang telah kulakukan.' Fatimah pun berkata, Demi Allah, aku tidak akan berbuat apapun yang tidak engkau sukai.'

Juga disebutkan dalam riwayat lain, Pernah terjadi pertengkaran antara Ali dan Fatimah. Lalu Rasulullah SAW. datang, dan Ali ra. menyediakan tempat untuk Rasulullah SAW. berbaring. Kemudian Fatimah datang dan berbaring di samping Nabi SAW.. lalu Ali pun berbaring di sisi lainnya. Rasulullah SAW. mengambil tangan Ali dan meletakkannya di atas perut beliau, lalu beliau mengambil tangan Fatimah dan meletakkannya di atas perut beliau. Selanjutnya beliau mendamaikan keduanya sehingga rukun kembali, Setelah itu barulah beliau keluar. Ada orang yang melihat kejadian itu lalu berkata kepada Rasulullah SAW., 'Tadi engkau masuk dalam keadaan demikian, lalu engkau keluar dalam keadaan berbahagia di wajahmu.'Beliau menjawab, 'Apa yang menahanku dari kebahagiaan, jika aku dapat mendamaikan kedua orang yang paling aku cintai?'

Pada suatu ketika, 'Aisyah ra. sedang duduk bersama Rasulullah SAW., kemudian datanglah Fatimah dengan gaya berjalannya yang sama dengan gaya berjalan Rasulullah SAW. Nabi SAW. menyambutnya, 'Selamat datang, Putriku.' Lalu Beliau mendudukkan Fatimah di sampingnya dan membisikkan sesuatu kepadanya sehingga Fatimah menangis. Kemudian beliau kembali membisiki lagi kepada Fatimah, dan dia tertawa. Melihat hal ini, 'Aisyah bertanya, 'Mengapa engkau menangis lalu tertawa setelah dibisiki oleh Rasulullah SAW. Apa gerangan yang telah dibisikkan Rasulullah SAW. kepadamu?' Fatimah menjawab, 'Aku tidak akan membuka rahasia beliau.'

Ketika Rasulullah SAW. wafat, 'Aisyah bertanya lagi kepada Fatimah, dan ia menjawab, 'Rasulullah SAW. membisikiku, 'Jibril selalu mendatangiku setiap tahun dan mengulangi Al-Qur'an kepadaku satu kali. Namun, pada tahun ini dia datang kepadaku dua kaii dan membacakan Al-Qur'an kepadaku dua kali. Aku merasa ajalku sudah dekat. Aku penghulu terbaik bagimu.' Maka aku menangis. Lalu Beliau membisikkan lagi, 'Engkau orang yang paling cepat menyusuiku dari keluargaku.' Maka aku tertawa karenanya.

Pada hari-hari menjelang kematiannya, Fatimah disrerang sakit yang parah. Abu Bakar ra. pergi mengunjungi Fatimah dan meminta izin untuk masuk. Maka Ali berkata kepada istrinya, Fatimah, 'Ada Abu Bakar di depan pintu. Apakah engkau mengizinkannya masuk?' Fatimah ra. mengembalikan pertanyaan itu kepada suaminya, 'Apakah engkau setuju?' 'Ya,' jawab Ali. Maka Abu Bakar ra. masuk untuk mengunjunginya dan menghiburnya sehingga membuat Fatimah senang. Dan pada ketika sakitnya itu, Salma datang menengoknya. Sedangkan pada hari itu Ali ra. sedang keluar. Fatimah berkata kepada Salma, 'Tuangkaniah air untuk mandiku.' Maka Salma menuangkan air untuk mandi Fatimah dengan cara yang terbaik. Kemudian Fatimah berkata, 'Bawakantah bajuku yang baru.' Maka Salma memberikan pakaian baru kepadanya dan dia pun mengenakannya. Kemudian Fatimah berkata lagi, 'Angkatlah tempat tidurku ke tengah-tengah ruangan.' Salma memindahkannya, lalu dia berbaring menghadap kiblat. Kemudian Fatimah berkata kepada Salma, 'Ibu, aku akan menemui ajal sekarang. Aku telah mandi, jadi jangan biarkan orang lain membuka bahuku.' Salma bercerita, 'Fatimah telah wafat.

Kemudian Ali datang dan aku mengabarkan hal itu kepadanya.' Ali ra. berkata, 'Demi Allah, tidak seorang pun yang akan membuka bahunya.' Dia mengangkat jenazah Fatimah dan menguburkannya dengan mandi itu.

"Read More. . ."

Di Masa Depan, iPhone Bakal Gantikan Kartu Kredit



Share
Jakarta - Sejarah sistem pembayaran di dunia memang menarik. Bermula dari barter, beralih ke penggunaan emas di beberapa tempat, kemudian menggunakan kertas dan logam.

Enam puluh tahun yang lalu, kartu kredit pertama kali digunakan di Diners Club Amerika. Saat ini hampir semua warga Amerika menggunakannya. Dalam 15 tahun terakhir, pembayaran e-commerce dengan perusahaan-perusahaan seperti PayPal menciptakan kemajuan besar dalam sistem pembayaran di dunia.

Kini sebuah teknologi ponsel menawarkan sistem pembayaran yang akan mengubah gaya cara bertransaksi. Teknologi tersebut bernama NFC atau Near Field Communication.

Pada dasarnya ini adalah sistem yang mengirimkan sinyal radio lemah berisi sejumlah informasi ke perangkat terdekat dalam jarak 10 cm. Kini sistem ini datang dalam bentuk aplikasi iPhone yang dibuat oleh perusahaan bernama DeviceFidelity. Nama aplikasi ini adalah DeviceFidelity In2Pay technology mikroSD NFC.

Kini, DeviceFidelity telah bekerja sama dengan perusahaan pembayaran Visa, untuk memperluas teknologi NFC.

"Visa bekerja untuk membawa keamanan dan kenyamanan mata uang digital untuk pengguna mobile di seluruh dunia," ujar Dave Wentker, Head of Mobile Contactless Payments Visa Inc. "Kerja sama kami dengan DeviceFidelity dapat memperluas jangkauan dari pembayaran Visa mobile ke jutaan pengguna iPhone," tambahnya.

Seperti dikutip detikINET dari MobileMag, Kamis (20/5/2010). Teknologi ini sudah dimanfaatkan di beberapa negara Asia, seperti Jepang dan Malaysia.

Keuntungan dari pembayaran ini adalah kecepatan dan efisiensi. Beberapa orang menganggap, cara ini cukup praktis ketika digunakan untuk bertransaksi.


Tinggalkan Dompet, Bawalah iPhone

Dengan ini, pengguna dapat meninggalkan dompet mereka saat ingin berbelanja. Sebagai gantinya, pengguna cukup menenteng iPhone saat ingin melakukan transaksi pembayaran belanja.

Caranya cukup tempatkan iPhone dekat terminal Contactless, dan transaksi bisa langsung dilakukan. Tak hanya itu, chip NFC bisa digabungkan dengan kartu sewa layanan lain seperti kartu sewa video atau menggabungkannya dengan kartu identitas lain.

Layaknya kartu kredit, chip NFC juga menggunakan kode PIN untuk menjaga keamanan bertransaksi. Menurut situs Skywalker, Pembayaran NFC bisa diakses mulai Q2 tahun 2010. Tunggu saja respon pasar terhadap teknologi baru ini. ( feb / fw )


:hilo::tsk:

makin canggih aja ya.... aku aja kartu kredit belum punya, kemaren udh apply tapi ga di setujui sama pihak bank....

ehhhh, udah mau ada yang pake i-phone segala lagi....ck...ck...ck.... cepet ya berkembangnya zaman ini....

yang gila belanja, makin gila aja nih....

:ahaha:
"Read More. . ."

Kabar Sedih



Share
lagi seneng-senengnya ngeblog, lagi giat2nya nyari artikel untuk blog, lagi seneng banget temen di blog tiap hari nambah....

ehhhhhhhhhhh, ada kabar tidak menyenangkan nih....
::(

Inet di kantor mo dicabut, karena kantor aku mau pindah... dan bos aku mutusin untuk pake modem yang mobile....
secara otomatis aku ga bisa pake inet....

:waaah:

tadinya untuk penghilang jenuh karena di kantor tugas aku ga banyak jadi aku ngotak ngatik blog, biar waktu juga berasa cepet....

masa kalo ga ada kerjaan di kantor aku bengong-bengong aja ya.... kan ngeblog lebih asik biar kita lebih kreatif dan nambah pengetahuan juga....

maaf ya kalo dalam waktu lama citra ga bisa ngeblog atau berkunjung lagi ke kalian... tapi kalo ada yang mampir ke blog citra gapapa kok.... mampir aja, dan jangan lupa follow jg yaaaa biar sahabat-sahabat aku makin banyak

tapi sebisa mungkin pasti aku buka blog aku untuk update, dan diusahain berkunjung ke blog kalian juga... mudah-mudahan dirumah bisa ya, karena aku kalo sampe rumah malem banget... karena pulang kerja aku langsung kuliah.... jadi kadang suka ga sempet buka kompi n inetan....
cos udah cape banget....

kalo blog di update lewat HP kan mahal ya biayanya.... karena HP aku kan hp yg biasa banget bukan BB atau Iphone jd sayang klo mau update di HP... pulsanya mahal euy

:eheh:

tapi kalo di twitter n FB tetep aku masih bisa online... oia kalo kalian punya twitter follow aku ya di @citranp... kalo di FB add di chie_chiet82@yahoo.com biar temen-temen aku bertambah...

segini dulu deh postingan aku hari ini.... oia aku mulai pindahan kantor itu akhir bulan mei ini... jadi tinggal 10 hari lagi ya kurang lebih.... jadi sekarang aku puas-puasin untuk ngeblog....

see u next post ya....

:wave:
"Read More. . ."

Rabu, 19 Mei 2010

5 makanan pengusir bad mood



Share
jadi bingung deh.... apa hubungannya bad mood sama makanan??? angkatkening

tapi ada ya sebagian orang kalo lagi tegang, trus bete or sedih pasti langsung makan coklat... katanya coklat mengandung zat yang dapat menenangkan mood kita.... tapi selain coklat ada lagi nih makanan untuk mengusir bad mood....

ini dia nih makanannya....

1. Sereal dingin
Tubuh kita akan menciptakan antidepressan sendiri saat kita sedang merasa depresi. Tapi jika kita kekurangan folic acid, antidepressan itu jadi tak berfungsi. Dari mana kita bisa mendapat asupan folic acid? Salah satunya adalah sereal.

2. Ikan
Menurut penelitian yang dilakukan University of Pitsburgh, semakin tinggi kadar asam lemak omega-3 (yang bisa ditemukan pada ikan), semakin bahagia seseorang. Asam lemak omega-3 mempengaruhi bagian otak yang mengatur mood. Beberapa ikan juga mengandung vitamin B12 yang merangsang otak untuk memproduksi serotonin dan membantu Anda jadi lebih rileks.

3. Kuning telur
Warnanya yang kuning cerah saja sudah mencerminkan keceriaan. Apalagi jika dimakan. Kuning telur mengandung zat bernama kolin. Kekurangan kolin akan membuat kita merasa gugup dan tegang.

4. Coklat
Menurut hasil penelitian yang dilakukan The British Journal of Psychiatry, hampir separuh jumlah orang yang sedang depresi akan merasakan keinginan untuk makan coklat. Ajaibnya, semua mengaku merasa lebih baik setelah ngidam coklat tersebut dipenuhi. Jadi, saat lagi bete, lupakan dulu diet Anda. Tak perlu banyak-banyak, cukup satu ons tapi nikmati setiap gigitannya.

5. Buah dan sayur
Efeknya mungkin tak akan kilat seperti coklat, tapi buah-buahan dan sayuran adalah menu wajib untuk menghindari bad mood. Menurut penelitian University College London, orang yang rajin makan buah dan sayur jarang sekali merasa depresi.
"Read More. . ."

Perubahan Diri



Share
sekian lama posting cuma ambil dari blog tetangga n belum lagi posting hasil diri sendiri nih.... karena belum ada ide mau nulis apa... kebanyakan kalo posting karangan sendiri kan lebih sering curcol dan aku bukan orang yang suka terekspose kehidupan pribadinya.... (sok ngartis ya citra...)

:sweaty:hhhmmmm..... bilang aja emang ga kreatifff.... sengihnampakgigi

nahhhhhhhhhh, sekarang waktunya aku nulis tentang diri sendiri nih.... mengenai apa ya????

ini aja deh... mengenai perubahan pada diri aku sekarang... apa ya yang berubah dari diri aku (sambil muter2in badan di cermin)....

ooooooooo.... ternyata sekarang citra pake kerudung loh.... sengihnampakgigi

citra pake kerudung? tobat ya????
:ha?:

tobat....? kesannya aku anak nakal sekali ya... sengihnampakgigi
bukannya tobat, kalo tobat mah emang harus tiap hari atuh... kan setiap hari pasti kita ada salah yang disengaja atau tidak disengaja ya secara otomatis minta ampun sama Allah melalui sholat...

trus alesannya citra pake kerudung apa???

alesannya karena emang udah lama aku mau pake kerudung, udah gitu banyak baca mengenai artikel tentang wajibnya seorang muslimah menutup auratnya... dan yang utama supaya aku bisa lebih khusyuk lagi dalam beribadah....

kalo emang udah lama niatnya kenapa baru sekarang????

hhhmmmmm kenapa ya....? pertama emang udah yakinnya sekarang gimana donggggg.... dan aku pikir bos aku bakalan komen yang gimana-gimana gitu.... tapi ga taunya dia biasa aja....

Alhamdulillah deh... karena aku yakin sih... kalo niat kita baik pasti Allah akan lancarin semua jalan kita.... dan termasuk niat aku pake kerudung, karena niat aku ibadah.... Insya Allah dilancarin semuanya sama Allah.... amiennnnnn

Semoga aja terus pake kerudung dan ga akan goyah sama pengaruh apapun juga... doain ya teman doa

ttttuuuuuuuuuuu kannnnn... kalo ngarang sendiri pasti dikit nih isinya....
:blush:
tapi gapapa deh ya... dari pada gamama..... hehehehe....
biar dikit mudah-mudahan bermanfaat yaaaaaaaaaa....

udahan dulu ah... see u in next post ya guys.....

:wave:
"Read More. . ."

Selasa, 18 Mei 2010

Menjadi Istri Idaman Dunia Akhirat



Share

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله رب العالمين, وصلاة والسلام على أشرف المرسلين. أما بعد :

Menjadi Istri Idaman Dunia Akherat

Diantara kepedulian Islam atas kehidupan rumah tangga Islami adalah penjelasan hak seorang istri dan hak seorang suami. agar terjadi keharmonisan hubungan berumah tangga. mengetahui posisi masing-masing agar tidak terjadi kesenjangan jabatan dalam rumah tangga. saling melengkapi dengan menunaikan tugas masing-masing.

Berikut adalah tips bagaimana menjadi seorang istri yang diidamkan didunia dan akherat dan menjadi istri terbaik baik suaminya :

- Pertama dan yang paling penting adalah menerima kepemimpinan suami.

Perlu direnungkan sabda Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- berikut :

لَوْ كُنْتُ آمِرًا أَحَدًا أَنْ يَسْجُدَ لِأَحَدٍ لَأَمَرْتُ الْمَرْأَةَ أَنْ تَسْجُدَ لِزَوْجِهَا

Artinya : "Jila aku (berhak) memerintahkan seseorang untuk bersujud kepada orang lain, maka aku akan memerintahkan istri untuk bersujud kepada suaminya.” (HR at-Tirmidzi. Beliau mengatakan : Hadist Hasan)

Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- juga bersabda :

أَيُّمَا امْرَأَةٍ مَاتَتْ وَزَوْجُهَا عَنْهَا رَاضٍ دَخَلْتِ الْجَنَّةَ

Artinya : "Perempuan mana saja yang meninggal, sedangkan suaminya dalam keadaan ridho terhadapnya, maka dia masuk surga." (HR Ibnu Majah dan at-Tirmidzi. Beliau mengatakan : Hadist Hasan Ghorib)

Ketaatan kepada suami adalah wajib atas istri selama suami tidak memerintahkan kepada maksiat kepada Allah. dan selain itu seperti suami memerintahkan suatu hal yang baik, maka wajib atas istri untuk melakukannya.

- Hindari berkata yang kurang baik atau yang tidak enak didengar oleh suami.

Berkata yang santun dan bersikap lemah lembut terhadap suami tanpa mengucapkan kata-kata yang kasar baik ketika suami melakukan kesalahan atau karena hal yang lain. Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- bersabda :

وَرَأَيْتُ النَّارَ فَلَمْ أَرَ كَالْيَوْمِ مَنْظَرًا قَطُّ ، وَرَأَيْتُ أَكْثَرَ أَهْلِهَا النِّسَاءَ " قَالُوا: لِمَ يَا رَسُولَ اللهِ ؟ قَالَ: " بِكُفْرِهِنَّ "، قَالُوا: يَكْفُرْنَ بِاللهِ ؟ قَالَ: " يَكْفُرْنَ الْعَشِيرَ ، وَيَكْفُرْنَ الْإِحْسَانَ لَوْ أَحْسَنْتَ إِلَى إِحْدَاهُنَّ الدَّهْرَ، ثُمَّ رَأَتْ مِنْكَ شَيْئًا قَالَتْ: مَا رَأَيْتُ مِنْكَ خَيْرًا قَطُّ

Artinya : "Dan aku melihat neraka, aku belum pernah melihat pemandangan seperti pemandangan hari ini sebelumnya. dan aku melihat kebanyakan penduduknya adalah wanita. para sahabat bertanya : kenapa wahai Rosulullah? beliau menjawab : karena kekufuran mereka. para sahabat berkata : karena kufur terhadap Allah? beliau bersabda : karena kekufuran mereka terhadap suami, dan kekufuran mereka terhadap kebaikan (suami). jika engkau berbuat baik kepada mereka sepanjang satu tahun, kemudian mereka melihat ada sedikit keburukan dalam dirimu, maka mereka akan berkata : saya tidak pernah melihat kamu berbuat baik sedikitpun." (HR Bukhori dan Muslim)

- Perbanyak Sedekah Dan Istighfar.

Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- bersabda :

يَا مَعْشَرَ النِّسَاءِ تَصَدَّقْنَ، وَأَكْثِرْنَ الِاسْتِغْفَارَ، فَإِنِّي رَأَيْتُكُنَّ أَكْثَرَ أَهْلِ النَّارِ " . قَالَتِ امْرَأَةٌ مِنْهُنَّ: وَمَا لَنَا يَا رَسُولَ اللهِ ؟ قَالَ: " تُكْثِرْنَ اللَّعْنَ، وَتَكْفُرْنَ الْعَشِيرَ ، وَمَا رَأَيْتُ مِنْ نَاقِصَاتِ عَقْلٍ وَدِينٍ أَغْلَبَ لِذِي اللُّبِّ مِنْكُنَّ " . قَالَتْ: يَا رَسُولَ اللهِ، وَمَا نُقْصَانُ الْعَقْلِ وَالدِّينِ ؟ قَالَ: " أَمَّا نُقْصَانُ الْعَقْلِ فَشَهَادَةُ امْرَأَتَيْنِ تَعْدِلُ شَهَادَةَ رَجُلٍ فَهَذَا نُقْصَانُ الْعَقْلِ، وَتَمْكُثُ اللَّيَالِيَ مَا تُصَلِّي، وَتُفْطِرُ فِي رَمَضَانَ فَهَذَا نُقْصَانُ الدِّينِ

Artinya : "Wahai para wanita, bersedekahlah! dan perbanyak istighfar karena aku melihat penduduk neraka yang kebanyakan adalah kalian. salah seorang perempuan berkata : kenapa kami wahai Rosulullah? beliau bersabda : karena kalian banyak melaknat, mengkufuri suami, dan aku tidak melihat dalam diri kalian kecuali 2 (dua) kekurangan yaitu kekurangan akal dan agama yang sangat dominan dalam diri kalian. wanita itu berkata : wahai Rosulullah, apa yang dimaksud 2 (dua) kekurangan akal dan agama? beliau bersabda : kekurangan akal yaitu karena persaksian 2 (dua) orang dari kalian sebanding dengan seorang laki-laki, maka ini yang disebut kekurangan dalam akal. dan berhari-hari kamu tidak sholat (karena haid) dan juga tidak puasa ramadhan (karena haid, hamil atau menyusui), maka ini yang dimaksud kekurangan dalam agama." (HR Muslim)

Kutipan dari: artikelislami.com
"Read More. . ."

Award



Share
pengen coba-coba buat award niiiiiiiiihhhhhhhhhhhhh....
:blush:

maaf ya kalo masih salah-salah... karena masih belajar

Award ini diberikan kepada para bloger mania yang sering mampir ke blog aku.... belum di beri nama sih untuk awardnya apa???? ditunggu masukannya deh dari temen-temen semua untuk nama award ini... sengihnampakgigi

Award pertama ini aku berikan untukkkkkk......


Miss. Rinda......

Yeeeeeeeeeeeiiiiiiiiyyyyyyyyyyyyyyyyy..... makasih ya nda udah ngajarin banyak tentang blog....

(btw, bener ga nih ya.... )


:devilishgrin:

bisi salahhhhh..... tapi belum tau cara nge tagnya.... ajarin lagi ya nanti.... sengihnampakgigi
"Read More. . ."

Garam Inggris yang menenangkan



Share
Garem Inggris????????
:ha?:
yang kaya apa bentuknya??? setau aku garem itu ada yang kaya bata (padet n kotak) bentuknya n ada yang alus.... nyokap si dirumah selalu pake yang alus buat masak ....

tapi kalo garem inggris bentuknya kaya apa ya????? trus manfaatnya apa sih????

ada ulasannya nih, baca yaaaaaaaaaaaaaa

img

Jakarta, 'Keajaiban' garam Inggris telah dikenal selama beratus tahun yang lalu. Garam Inggris dipercaya mujarab menyembuhkan berbagai macam penyakit. Apa saja khasiat garam Inggris?

Penamaan garam Inggris atau Epsom salt karena garam ini berasal dari Epsom, Surrey, Inggris.

Berbeda dengan garam meja yang mengandung natrium klorida, kandungan garam Inggris adalah magnesium sulfat. Kandungan inilah yang membuat garam Inggris bersifat menguntungkan, karena dapat menenangkan tubuh, pikiran dan jiwa.

Seperti dilansir dari Ehow dan Buzzle, Senin (17/5/2010), berikut adalah khasiat garam Inggris:

1. Meringankan stres dan membuat tubuh santai

Stres dapat menghilangkan magnesium dari dalam tubuh. Kandungan magnesium sulfat garam Inggris yang dilarutkan dalam air hangat dapat diserap melalui kulit dan mengisi ulang tingkat magnesium dalam tubuh.

Garam juga dapat menarik racun dari tubuh, menenangkan sistem saraf, mengurangi pembengkakan dan membuat otot-otot rileks.

Magnesium membantu menghasilkan serotonin, zat kimia yang meningkatkan suasana hati di otak dan menciptakan rasa tenang dan relaksasi. Penelitian menunjukkan magnesium yang juga meningkatkan daya tahan dan energi yang memicu produksi ATP (adenosine triphosphate) paket energi dalam sel.

Magnesium dapat mengurangi iritasi dengan mengurangi efek adrenalin. Juga mengurangi tekanan darah, menciptakan rasa relaksasi, memperbaiki kualitas tidur, konsentrasi dan membantu otot dan saraf berfungsi dengan baik.

2. Mengurangi rasa sakit dan kram otot

Merendam kaki dalam bak dengan setengah cangkir garam Inggris, tidak hanya menghilangkan lelah, tetapi juga menghilangkan bau kaki.

Garam Inggris menetralisir bau kaki dan melembutkan kulit. Mandi garam Inggris juga diketahui dapat meringankan peradangan dan mengurangi rasa sakit, sehingga bermanfaat dalam pengobatan sakit otot, asma dan migrain.

Selain itu juga dapat menyembuhkan luka, mengurangi rasa sakit dari melahirkan dan hidung tersumbat karena flu.

3. Mengangkat kulit mati

Cobalah pijat dengan satu sendok makan garam Inggris yang dicampur dengan minyak zaitun atau minyak mandi dan digosok ke seluruh tubuh, ini dapat mengangkat kulit mati dan melembutkan kulit.

4. Membantu otot dan saraf berfungsi dengan baik


Studi menunjukkan bahwa magnesium adalah elektrolit dan membantu untuk memastikan berfungsinya otot, saraf dan enzim dengan baik. Garam Inggris juga penting untuk pemanfaatan yang tepat dari kalsium dalam sel, dan dapat mengobati reumatik atau radang sendi.

5. Membantu mencegah pengerasan arteri dan pembekuan darah

Garam Inggris juga dipercaya membantu mencegah penyakit jantung dan stroke dengan menurunkan tekan darah, melindungi elastisitas pembuluh darah, mencegah pembekuan darah dan mengurangi risiko kematian serangan jantung mendadak.

6. Membuat insulin lebih efektif

Garam Inggris ini juga meningkatkan efektivitas insulin, membantu menurunkan risiko atau keparahan diabetes.

7. Meredakan konstipasi atau sembelit


Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa garam Inggris dapat juga digunakan untuk mengobati sembelit. Garam Inggris bertindak seperti pencahar.

Garam Inggris meningkatkan air dalam usus dan dapat membantu sembelit. Namun, sangat diperingatkan bahwa garam Inggris tidak boleh digunakan untuk meringankan sembelit tanpa konsultasi dokter karena dapat berbahaya dalam beberapa kasus.

ternyata manfaatnya banyak.... tapi jauh ya garem aja dari inggris... di indonesia ada ga sihhhhh ???



:wave::wave:
"Read More. . ."

Senin, 17 Mei 2010

KRI Dewa Ruci



Share
Postingan kali ini yaitu tentang KRI Dewa Ruci.. ada yang tau dan udah liat belum bentuk kapalnya kaya apa.... (hayoooooooo ngacungggggggggg) sengihnampakgigi

Jujur ya kalo aku sih belum sama sekali, dan baru denger di berita kalo KRI dewa ruci ini dapet penghargaan di Yunani... wahhhhhh Hebat banget ya....
:woooh:

jadi penasaran sejarah KRI dewa ruci ini seperti apa ya.....

SIMAK YAAAAAAAAAAA.....

kri-dewa-ruci

KRI Dewaruci adalah kapal latih bagi taruna/kadet Akademi Angkatan Laut, TNI Angkatan Laut. Kapal ini berbasis di Surabaya dan merupakan kapal layar terbesar yang dimiliki TNI Angkatan Laut. Nama kapal ini diambil dari nama dewa dalam kisah pewayangan Jawa, yaitu Dewa Ruci.

Sejarah

Kapal berukuran 58,5 meter dan lebar 9,5 meter dari kelas Barquentine ini dibangun di H.C. Stulchen & Sohn Hamburg, Jerman dan merupakan satu-satunya kapal layar tiang tinggi produk galangan kapal itu pada 1952 yang masih laik layar dari tiga yang pernah diproduksi. Pembuatan kapal ini dimulai pada tahun 1932, namun terhenti karena saat Perang Dunia II galangan kapal pembuatnya rusak parah. Kapal tersebut akhirnya selesai dibuat pada tahun 1952 dan diresmikan pada tahun 1953.

Dewaruci dibuat pada tahun 1952 oleh H.C. Stulchen & Sohn Hamburg, Jerman Barat, pertama diluncurkan pada tanggal 24 Januari 1953, dan pada bulan Juli nya dilayarkan ke Indonesia oleh taruna AL dan kadet ALRI. Setelah itu KRI Dewaruci yang berpangkalan di Surabaya, ditugaskan sebagai kapal latih yang melayari kepulauan Indonesia dan juga ke luar negeri.

Kapal

Dimensi

Panjang total 58,30m, Lebar lambung 9,50m , Draft 4,50m . Bobot mati 847 ton.

Tiang layar

Kapal ini memiliki 3 tiang utama yaitu tiang Bima, Yudhistira dan Arjuna serta memiliki 16 layar.

Layar

Type: Barquentin, 16 layar dengan luas total 1091 m2

(sumber wikipedia, tni al),

dan di bawah ini artikel tentang 2 penghargaan yang di dapet sama KRI Dewa Ruci:

Volos - Misi KRI Dewaruci sukses meraih dua penghargaan di Volos, Yunani, yakni The Best Ship in Crew Parade dan The Furthest Distance. Atraksi perpisahan para awak dengan serentak naik ke tiang layar, mengagumkan pengunjung.

Penghargaan The Best Ship in Crew Parade diraih para awak KRI Dewaruci dalam lomba parade di pusat kota Volos, di mana para awak nan gagah itu mengandalkan Gita Jala Taruna, marching band kadet AAL. Selain unjuk kebolehan marching band dengan lagu-lagu Indonesia dan internasional, mereka juga menampilkan Reog Ponorogo yang atraktif dan dinamis.

"Selain menjadi peserta parade terbaik, para awak KRI Dewaruci juga menyabet penghargaan The Furthest Distance untuk peserta dengan arungan laut terjauh," tutur Sekretaris III KBRI Athena Gina Fadilla kepada detikcom, Sabtu (15/5/2010).

Rangkaian kegiatan selama berada di Volos (9-12/5/2010) dimaksudkan untuk melepas kepenatan setelah berhari-hari berlayar mengarungi samudera. Mereka juga mengikuti kegiatan lomba olahraga dan tur kebudayaan ke situs-situs arkeologi, termasuk ke kawasan Pelion, tempat di mana hidup para makhluk setengah manusia dan setengah kuda (centaur) dalam mitologi Yunani, juga ke desa Makrinitsa yang terkenal dengan rumah-rumah beratapkan batu.

Sementara misi mengikuti kegiatan internasional The Historical Seas Tall Ships Regatta 2010 dimulai pada 12/5/2010 dengan rute pelayaran dari Volos ke Pulau Skopelos (Yunani), lalu menuju Varna (Bulgaria), Istanbul (Turki) dan berakhir di Lavrion (Yunani). Rute ini merupakan rute “Argo”, sebuah kapal penjelajah yang dikemudikan Jason dalam mitologi Yunani (1500 SM).

Upacara pembukaan oleh ketua Sailing Training Internasional Robin Snouck Hurgronje dan Walikota Volos Alekos Voulgaris, diisi dengan peresmian remake kapal Argonaut yang akan memandu 22 kapal layar peserta lainnya dari 19 negara dalam memulai Regatta.

KRI Dewaruci dan peserta lainnya dipandu keluar Volos menuju Pulau Skopelos oleh kapal Argonaut yang didayung oleh 40 orang seperti situasi pada 1500 SM.

Seusai partisipasi di Yunani, KRI Dewaruci selanjutnya akan mengikuti beberapa kegiatan kejuaraan lomba layar bergengsi tingkat internasional The Tall Ships Race 2010 dengan rute Belgia-Denmark-Norwegia-Inggris (13/7-7/8/2010).

Kemudian Festival Sail Amsterdam di Belanda (19-23/8/2010), Sail Bremerhaven 2010 di Jerman (25-29/8/2010), Festival Internationale Mediterraneo e Velieri di Cagliari, Italia (8-13/9/2010). Total jenderal pelayaran KRI Dewaruci akan menempuh jarak 24.676 mil laut atau 45.650 km, memakan waktu selama 9 bulan dan menyinggahi 25 negara.

KRI Dewaruci adalah kapal layar tipe Barquentin buatan H.C. Stulchen & Sohn Hamburg, Jerman Barat (1952). Kapal ini pertama kali diluncurkan pada 24/1/1953, berbobot mati 847 ton, panjang 58,30m, lebar lambung 9,50m, draft 4,50 m dan memiliki 3 tiang utama dengan 16 layar dengan luas layar total 1091 m2.

Kapal latih kadet AAL tersebut kini dilengkapi sistem navigasi dan komputer canggih serta menggunakan mesin 986 PK Diesel sebagai alat gerak dengan satu propeler berdaun 4. Kecepatan penuh 10,5 knot dengan mesin dan 9 knot dengan layar.

Hebat banget kan.... jadi bangga deh.... tepuktangantepuktangan sembah

"Read More. . ."

Jumat, 14 Mei 2010

Legenda Ancol Cerita Si Manis di Wisata Air Asin



Share

Kalo denger nama "si manis jembatan ancol" jadi inget sama legenda "si manis" yang sempet dibuat sinetron di televisi swasta... yang sinetronnya kalo menurut aku lumayan serem (secara dulu wktu sinetron itu ada aku masih kecil) gigitjari

di sinetron itu menceritakan hantu wanita yang cantik dan berpakaian seksi... dan menjadi salah satu legenda di seputar wilayah ancol.... jadi penasaran, sebenernya jaman dulu itu ancol seperti apa ya, kok bisa jadi salah satu kawasan wisata di jakarta....

----- Simak Yaaaaaaaaa -----

Namun sejatinya, Ancol dalam sejarahnya tidak hanya dikenal dengan tokoh yang sempat difilmkan ini. Ketika menyebut nama Ancol, akan juga teringat dengan sebuah tempat rekreasi yang terintegrasi dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol.

Mahfum, saat ini Ancol memang lebih identik dan dikenal warga Jakarta sebagai kawasan wisata saja. Karena di kawasan ini terdapat bermacam taman wisata dan rekreasi permainan, mulai dari Dunia Fantasi, Sea World, Wahana Atlantis dan fasilitas lainnya.

Padahal beragam kisah tersisa dari perjalanan panjang kawasan yang terletak di pesisir pantai utara kota Jakarta ini.

Nama Ancol sendiri berarti tanah rendah berpaya-paya atau payau. Karena dulu bila laut sedang pasang, air payau kali Ancol berbalik ke darat menggenangi tanah sekitarnya sehingga terasa asin.

"Karena faktor itulah orang Belanda pada zaman VOC menyebut kawasan tersebut sebagai Zouteland atau 'tanah asin'" cerita Sekretaris Pusat Studi Betawi, Liliek Sofyan Ahmad.

Kawasan Ancol sendiri terkenal sebagai lokasi rekreasi warga Jakarta sejak abad ke-17. Karena lokasinya yang terletak di pesisir pantai dengan hamparan pulau-pulau kecil yang menghias membuat Pantai Ancol memiliki daya tarik tersendiri.

Oleh karena itu kawasan ini sering dimanfaatkan sebagai lokasi peristirahatan oleh warga Batavia dengan membangun villa peristirahatan.

Suasana Ancol yang pada waktu itu bernama Slingerland itu pun pernah dilukiskan oleh seorang perwira artileri VOC, Johannes Rach (1720-1783) pada tahun 1772 menggambarkan banyaknya vila-vila peristirahatan berdiri di sekitar pantai ini. Di antaranya milik Gubernur Jendral Hindia Belanda Andriaan Valckneir (1737-1741).

Menurut Alwi Shahab, sejak dulu Ancol memang dikenal sebagai tempat rekreasi. "Sejak tiga abad lalu, Ancol sudah menjadi tempat rekreasi khususnya bagi bagi warga Belanda untuk berakhir minggu," katanya.

"Noni-noni Belanda rekreasi dengan dipayungi para budaknya menikmati Pantai Ancol" tulis Alwi dalam sebuah artikel.

Namun, seiring eksodusnya warga Batavia ke wilayah Kota Baru Weltevreden pada akhir abad 18, Ancol mulai ditinggalkan. Pada masa itu pula, terkadang air Sungai Ciliwung meluap hingga mengubah kawasan tersebut menjadi kumuh dan berlumpur.

Selain itu, mewabahnya berbagai penyakit di kawasan berawa ini semakin membuat kawasan ini ditinggalkan warga Batavia.

Menurut Liliek Sofyan Ahmad, kawasan Ancol mengalami perjalanan terkelam pada masa pendudukan Jepang di sekitar tahun 1940-an. Pada masa itu rawa sekitar Ancol sempat menjadi tempat pembuangan bagi mayat orang Belanda yang melawan pemerintah pendudukan Jepang.

Mayat mereka dibuang dan dikuburkan tanpa nama di kawasan rawa-rawa. "Tapi sekarang mayat-mayat tersebut sudah dimakamkan kembali sebagaimana mestinya di lokasi pemakaman Ereveld Ancol" ujar

Lilik menuturkan, komplek pemakaman tersebut saat ini berada di kawasan sebelah timur Taman Impian Jaya Ancol. Di kawasan tersebut tampak nisan berbentuk salib putih berjajar rapih.

Akibatnya, kawasan yang semula pusat rekreasi berubah menjadi sepi dan menyeramkan. "Dulu waktu saya kecil, Ancol sempat dijuluki tempat jin buang anak" ujar seorang warga yang pernah menetap di kawasan Tanjung Priok pada tahun 1950-an ini, Siti Astuti, 55 tahun.

Karena kawasan yang sudah dipenuhi lumpur dan rawa ini selalu dalam keadaan sepi, hanya gerombolan monyet liar yang memenuhi kawasan tersebut.

Selain itu, kisah misteri yang melegenda di kalangan warga sekitar membuat warga enggan melintas di kawasan tersebut pada malam hari "Kuntilanak sering mengganggu pengendara yang melintas di jembatan Ancol" ujar Siti Astuti.
Konon katanya kuntilanak tersebut merupakan perwujudan dari seorang gadis pribumi, Ariah yang tewas saat hendak diperkosa oleh seorang pemuda berandalan. Cerita ini pun berkembang sehingga sempat difilmkan yang bertajuk Si Manis Jembatan Ancol.

Keadaan Ancol yang kian terpuruk ini tidak dibiarkan saat Soekarno mulai memerintah. Untuk mengembalikan kejayaan Ancol masa lalu, maka Presiden Soekarno mempunyai ide untuk mengembalikan kawasan Ancol sebagai kawasan wisata bagi warga jakarta.

Mulailah pada tahun 1966 kawasan Ancol dibenahi. Diawali dengan pembangunan kawasan Pantai Bina Ria Ancol yang terkenal dengan Theater Mobil di era 1970-an.

"Walau hanya sebentar, pusat judi dengan nama Copacabana pun sempat ada di kawasan ini," ujar Liliek.

Bangunan pun terus berlanjut hingga saat ini. Satu persatu tempat rekreasi didirikan di kawasan Taman Impian Jaya Ancol ini. Dimulai dengan dibangunnya Dunia Fantasi dan arena rekreasi lainnya seperti Gelanggang Samudera dan Seaworld membuat Ancol bertransformasi dari sekedar tempat peristirahatan Noni Belanda hingga menjadi pusat rekreasi permainan terbesar dan terlengkap di Indonesia.

Saat ini kawasan seluas 552 hektar ini termasuk ke dalam wilayah kecamatan Pademangan, Kotamadya Jakarta Utara. Di sebelah barat, Ancol bersisian dengan Kota Tua. Sementara sisi sebelah timur berbatasan dengan kompleks Pelabuhan Tanjung Priok.

• VIVAnews
"Read More. . ."
 

Buku Tamu

Recent post

Ada kesalahan di dalam gadget ini

©2010 tulisan-citra | Designer by Rinda's Template