Senin, 17 Mei 2010

KRI Dewa Ruci

Postingan kali ini yaitu tentang KRI Dewa Ruci.. ada yang tau dan udah liat belum bentuk kapalnya kaya apa.... (hayoooooooo ngacungggggggggg) sengihnampakgigi

Jujur ya kalo aku sih belum sama sekali, dan baru denger di berita kalo KRI dewa ruci ini dapet penghargaan di Yunani... wahhhhhh Hebat banget ya....
:woooh:

jadi penasaran sejarah KRI dewa ruci ini seperti apa ya.....

SIMAK YAAAAAAAAAAA.....

kri-dewa-ruci

KRI Dewaruci adalah kapal latih bagi taruna/kadet Akademi Angkatan Laut, TNI Angkatan Laut. Kapal ini berbasis di Surabaya dan merupakan kapal layar terbesar yang dimiliki TNI Angkatan Laut. Nama kapal ini diambil dari nama dewa dalam kisah pewayangan Jawa, yaitu Dewa Ruci.

Sejarah

Kapal berukuran 58,5 meter dan lebar 9,5 meter dari kelas Barquentine ini dibangun di H.C. Stulchen & Sohn Hamburg, Jerman dan merupakan satu-satunya kapal layar tiang tinggi produk galangan kapal itu pada 1952 yang masih laik layar dari tiga yang pernah diproduksi. Pembuatan kapal ini dimulai pada tahun 1932, namun terhenti karena saat Perang Dunia II galangan kapal pembuatnya rusak parah. Kapal tersebut akhirnya selesai dibuat pada tahun 1952 dan diresmikan pada tahun 1953.

Dewaruci dibuat pada tahun 1952 oleh H.C. Stulchen & Sohn Hamburg, Jerman Barat, pertama diluncurkan pada tanggal 24 Januari 1953, dan pada bulan Juli nya dilayarkan ke Indonesia oleh taruna AL dan kadet ALRI. Setelah itu KRI Dewaruci yang berpangkalan di Surabaya, ditugaskan sebagai kapal latih yang melayari kepulauan Indonesia dan juga ke luar negeri.

Kapal

Dimensi

Panjang total 58,30m, Lebar lambung 9,50m , Draft 4,50m . Bobot mati 847 ton.

Tiang layar

Kapal ini memiliki 3 tiang utama yaitu tiang Bima, Yudhistira dan Arjuna serta memiliki 16 layar.

Layar

Type: Barquentin, 16 layar dengan luas total 1091 m2

(sumber wikipedia, tni al),

dan di bawah ini artikel tentang 2 penghargaan yang di dapet sama KRI Dewa Ruci:

Volos - Misi KRI Dewaruci sukses meraih dua penghargaan di Volos, Yunani, yakni The Best Ship in Crew Parade dan The Furthest Distance. Atraksi perpisahan para awak dengan serentak naik ke tiang layar, mengagumkan pengunjung.

Penghargaan The Best Ship in Crew Parade diraih para awak KRI Dewaruci dalam lomba parade di pusat kota Volos, di mana para awak nan gagah itu mengandalkan Gita Jala Taruna, marching band kadet AAL. Selain unjuk kebolehan marching band dengan lagu-lagu Indonesia dan internasional, mereka juga menampilkan Reog Ponorogo yang atraktif dan dinamis.

"Selain menjadi peserta parade terbaik, para awak KRI Dewaruci juga menyabet penghargaan The Furthest Distance untuk peserta dengan arungan laut terjauh," tutur Sekretaris III KBRI Athena Gina Fadilla kepada detikcom, Sabtu (15/5/2010).

Rangkaian kegiatan selama berada di Volos (9-12/5/2010) dimaksudkan untuk melepas kepenatan setelah berhari-hari berlayar mengarungi samudera. Mereka juga mengikuti kegiatan lomba olahraga dan tur kebudayaan ke situs-situs arkeologi, termasuk ke kawasan Pelion, tempat di mana hidup para makhluk setengah manusia dan setengah kuda (centaur) dalam mitologi Yunani, juga ke desa Makrinitsa yang terkenal dengan rumah-rumah beratapkan batu.

Sementara misi mengikuti kegiatan internasional The Historical Seas Tall Ships Regatta 2010 dimulai pada 12/5/2010 dengan rute pelayaran dari Volos ke Pulau Skopelos (Yunani), lalu menuju Varna (Bulgaria), Istanbul (Turki) dan berakhir di Lavrion (Yunani). Rute ini merupakan rute “Argo”, sebuah kapal penjelajah yang dikemudikan Jason dalam mitologi Yunani (1500 SM).

Upacara pembukaan oleh ketua Sailing Training Internasional Robin Snouck Hurgronje dan Walikota Volos Alekos Voulgaris, diisi dengan peresmian remake kapal Argonaut yang akan memandu 22 kapal layar peserta lainnya dari 19 negara dalam memulai Regatta.

KRI Dewaruci dan peserta lainnya dipandu keluar Volos menuju Pulau Skopelos oleh kapal Argonaut yang didayung oleh 40 orang seperti situasi pada 1500 SM.

Seusai partisipasi di Yunani, KRI Dewaruci selanjutnya akan mengikuti beberapa kegiatan kejuaraan lomba layar bergengsi tingkat internasional The Tall Ships Race 2010 dengan rute Belgia-Denmark-Norwegia-Inggris (13/7-7/8/2010).

Kemudian Festival Sail Amsterdam di Belanda (19-23/8/2010), Sail Bremerhaven 2010 di Jerman (25-29/8/2010), Festival Internationale Mediterraneo e Velieri di Cagliari, Italia (8-13/9/2010). Total jenderal pelayaran KRI Dewaruci akan menempuh jarak 24.676 mil laut atau 45.650 km, memakan waktu selama 9 bulan dan menyinggahi 25 negara.

KRI Dewaruci adalah kapal layar tipe Barquentin buatan H.C. Stulchen & Sohn Hamburg, Jerman Barat (1952). Kapal ini pertama kali diluncurkan pada 24/1/1953, berbobot mati 847 ton, panjang 58,30m, lebar lambung 9,50m, draft 4,50 m dan memiliki 3 tiang utama dengan 16 layar dengan luas layar total 1091 m2.

Kapal latih kadet AAL tersebut kini dilengkapi sistem navigasi dan komputer canggih serta menggunakan mesin 986 PK Diesel sebagai alat gerak dengan satu propeler berdaun 4. Kecepatan penuh 10,5 knot dengan mesin dan 9 knot dengan layar.

Hebat banget kan.... jadi bangga deh.... tepuktangantepuktangan sembah

4 komentar:

elok langita mengatakan...

uaaaah.. keren kapalnyaaa.... ^_________^

hallo mbaa.. elok datang berkunjuuung untuk comment baca postingan plus follow blog ini juggaa..

mkashy iaah udah follow blognya elok.. ^____^ udah elok follow balik..

chietra mengatakan...

yup... makasih elok, sering2 berkunjung ya... :D

Rinda mengatakan...

duh kirain cm ada d tv2 aja y teh kapal bagus kya gini,trnyata di sini ada toh,,ckckck ^_^

mampir sbntr teh sblm balik bljr bwt uas,,xixixi



Miss Rinda - Personal Blog

chietra mengatakan...

makasih nda.... gut luck ya UASnya.... met belajar :)

 

Buku Tamu

Recent post

©2010 tulisan-citra | Designer by Rinda's Template